Jumat, 27 Mei 2016

Penyakit Kaki Gajah

24 Warga Tamiang Derita Kaki Gajah

Kamis, 26 Mei 2016 11:22


* Tersebar di Tujuh Kecamatan
KUALASIMPANG - Sebanyak 24 warga Aceh Tamiang terjangkit penyakit gajah yang tersebar di tujuh kecamatan dalam kabupaten tersebut. Kasus ini terungkap melalui program eliminasi penyakit menular yang dilakukan Dinkes Aceh Tamiang saat ini. Penanganan kasus ini pun sudah dilakukan sejak para penderitanya didata.
Sekretaris Dinas Kesehatan Aceh Tamiang, Said Hanafiah MKes, Rabu (25/5) mengatakan, ke-24 kasus itu ditemukan dalam waktu yang berbeda sejak tahun 2015. “Kepada warga yang terjangkit, kami langsung memberikan obat secara gratis dan pemberian obat pencegahan massal terhadap warga sekitarnya,” ujarnya.
Untuk kebutuhan pencegahan massal ini, penderita kaki gajah bisa mendapatkan layanan kesehatan secara khusus, dengan obat yang bisa didapat gratis, karena penyembuhan dan antisipasi penyakit ini didukung penuh oleh Kementerian Kesehatan RI.
Menurutnya, penyakit kaki gajah adalah salah satu penyakit menular yang menyebar di daerah tropis seperti Indonesia termasuk Aceh. Namun selama ini sedikit terabaikan.
Belajar dari pengalaman itu, pemerintahan saat ini mulai memprioritaskan percepatan penanggulangan penyakit ini sebelum adanya warga lain yang tertular.
Untuk mencegah penyebarannya di setiap gampong, pemerintah melalui dinas kesehatan setempat, juga melakukan advokasi dan sosialisasi eliminasi penyakit filariasis ini, serta berupaya membentuk kader di tiap gampong yang memantau ada atau tidaknya penyebaran penyakit kaki gajah di kawasan sekitarnya.
Dalam sosialisasi yang dilakukan Dinkes Tamiang kemarin, 60 peserta diberi pemahaman dasar tentang penyakit ini, oleh narasumber Kabid P2P Dinkes Provinsi Aceh, dr Ajie Mulia Avisena.
“Diharapkan dari program ini, lahir kader kesehatan yang tersebar di seluruh pelosok kabupaten yang memberikan penyuluhan dan pencegahan penyebaran penyakit kaki gajah di Tamiang.(md)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar